Blog ini ditujukan kepada seluruh ummat Islam yang cinta kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Para Sahabat RA, Auliya', Habaib, Ulama', dan sejarah kebudayaan Islam.

Senin, 09 Januari 2012

KH. Syu’aib bin Abdurrazaq

Kelahiran, Pertumbuhan, Dan Sumber-Sumber Memperoleh Pengetahuan Agama
Beliau dilahirkan pada tahun 1263 H. beliau diasuh oleh kedua orang tua beliau dan belajar pada KH. Ghozaly as-Sarony. Ketika berumur 20 tahun, beliau pergi ke Kajen dan menetap pada seorang kyai sufi yang sudah terkenal ilmu teologinya, yaitu Syeikh Murtadlo, Mursyid Thoriqoh sufi yang menguasai ilmu syari’at dan ilmu hakikat. Kyai Syu’aib belajar ilmu Tauhid, Fiqh dan lain-lain pada beliau. Kyai Syu’aib pun mengaji Al-Qur'an secara langsung pada gurunya tersebut semenjak permulaan sampai akhir terutama talqin dzikir dan metode-metode thoriqoh kewalian sampai beliau mencapai usia dewasa dan tampak menonjol dibanding kawan-kawan seusianya, khususnya dalam metode thoriqoh yang mampu mengantarkan untuk ma’rifat kepada Allah SWT. Lalu beliau kembali ke kampung halaman. Dan senantiasa menjernijkan hati demi mencapai tujuan tersebut dalam setiap kesempatan, menghadap ke arah akherat dan berpaling dari dunia. Hingga ketika jiwanya dipenuhi cinta dan rindu pada Allah, beliau berkata : ”saya ceraikan (thalak) dunia dengan tiga thalaqan”, perkataan tersebut beliau ucapkan setelah beliau hampir berusia 60 tahun, lalu beliau menyibukkan diri dengan beribadah dan berdzikir sepanjang waktunya.
Beliau sangat mencintai ulama’ dan orang-orang sholih, sampai pada usia senja beliau mengajak para masyayikh Sarang yaitu K. Syamsuri, K. As’ad, K. Syahid dan lain-lain untuk selalu belajar sebagaimana mereka mengajar, maka beliau memohon kepada KH. Murtadho bin Muntaha agar mau membacakan kitab Ihya Ulum Al-Din karya Imam Ghozali, dan beliau dengan teman-teman pun hadir demi mendengar pengajian KH. Murtadho sampai KH. Murtadho wafat. Kecintaan beliau kepada para ulama dan orang-orang sholeh itu mampu membawa dampak baik pada keturunan beliau yang tumbuh menjadi insan-insan yang kompeten dalam ilmu agama dan memiliki kemampuan lebih dalam memajukan pondok ini seperti yang kita saksikan.

Istri-istri, Putra-Putra dan Hari Wafat
Beliau menikah dengan putri tertua KH. Ghozali dan menjadi menantu pertama KH. Ghozali. Beliau dikaruniai banyak putra dan putri, tapi yang hidup hanya empat yaitu:
Hasanah ibu dari KH Zubair Dahlan
Hj. Zubaidah istri dari K. Abdullah
KH. Ahmad Syuaib ayahanda KH. Abdurrohim
KH. Imam Kholil
Beliau wafat pada bulan Sya'ban tahun 1358 H.


Sumber :http://sahabalit.blogspot.com/search/label/Profil

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons