Blog ini ditujukan kepada seluruh ummat Islam yang cinta kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Para Sahabat RA, Auliya', Habaib, Ulama', dan sejarah kebudayaan Islam.

Senin, 09 Januari 2012

Syeikh “Al-Muammar” Kyai Ghozali As-Sarony

K. Ghozaly dilahirkan di desa Sarang pada tahun 1184 H. Beliau tumbuh besar dalam bimbingan ayah beliau bernama K. Lanah yang masih keturunan asli Madura dari desa Kelampis Bangkalan, yang kemudian hijrah ke Sarang. Beliau belajar dasar-dasar ilmu agama dari para masyayikh yang ada di desanya, kemudian beliau pergi ke Tuban untuk menambah pengetahuan agama di pondok pesantren Maqom Agung Tuban. Beliau menimba ilmu dari Syeikh Ma’ruf selama dua tahun sampai usia 42 tahun, lantas atas perintah Syeikh Ma’ruf beliau menikah dengan putri K. Muhdlor Sidoarjo yang masih saudari dari istri Syeikh Ma’ruf sendiri.
Setelah cukup lama menimba ilmu dari Syeikh Ma’ruf, beliau kembali ke Sarang dan mendirikan sebuah pondok pesantren. Salah satu dari hasil perjuangan beliau adalah perkembangan Islam di Sarang yang mulai meningkat sedikit demi sedikit berkat ajaran pengetahuan islam dari seseorang yang berguna bagi warga dan tanah airnya. Manusia terbaik adalah orang yang berguna bagi sesama, maka tampaklah di Sarang generasi-generasi baru yang beraqidah kuat dan terkemuka hasil ajaran dan bimbingan dari Syeikh Ghozali. Diantara mereka adalah K. Umar bin Harun, K. Syu’aib bin Abdur Razaq keduanya merupakan menantu dari Syeikh Ghozali sendiri, dan juga K. Muhsin bin H. Saman, K. Murtadlo bin Muntaha, K. Syamsuri. K. Thoyyib dan ulama-ulama terkemuka lainnya.
Pada pertengahan abad XIII H, Syeikh Ghozali pergi ke tanah haram untuk menunaikan ibadah haji dengan jalan naik kapal laut. Beliau menempuh perjalanan jauh dengan mengarungi samudera serta menerjang ombak dan badai selama lebih dari 7 bulan. Akibat perjalanan kapal yang lambat, beliau sampai di Jeddah setelah para jama’ah haji melaksanakan wuquf di Arofah dan siap meninggalkan Arofah. Kondisi seperti ini memaksa beliau untuk muqim di Makkah selama satu tahun, agar dapat melaksanakan ibadah haji pada tahun berikutnya. Selama itu beliau belajar ilmu agama dari ulama-ulama di sana. Dalam kesempatan singkat tersebut, beliau mampu menghatamkan Tafsir Jalalain mulai awal sampai akhir, dan naskah tafsir Jalalain beliau yang orisinil masih tersimpan baik sampai sekarang.
Syeikh Ghozali mempunyai 4 putri yaitu Istri K. Syu’aib, Istri K. Umar, Istri K. Thoyyib, Istri K. Syamsuri. Dan 2 putra yaitu K. Abdur Rouf yang tidak meninggalkan keturunan dan K. Fathur Rahman yang merupakan anak terakhir beliau.
Dari keterangan yang telah lewat dapat diketahui bahwa Syeikh Ghozali adalah perintis pondok pesantren di Sarang, beliau adalah seseorang yang gigih dan ikhlas dalam setiap tindakan beliau, hal itu bisa terlihat jelas dari jejak-jejak abadi abadi beliau yang semata berisi segala fadhilah (anugerah). Beliau adalah orang yang pertama kali membangun pondok pesantren di Sarang. Sedangkan orang yang berkenan menyediakan tanahnya untuk diwaqafkan sebagai pondok adalah seorang dermawan kaya yang bernama H. Saman ayah dari K. Muhsin.
Pada tahun 1324 H, KH. Ghozali berpulang ke Rahmatullah dengan meninggalkan jasa-jasa yang besar. Semoga Allah selalu melimpahkan Rahmat-Nya dan menempatkan beliau di surga Firdaus. Amin..!
*****


Sumber : http://sahabalit.blogspot.com/search/label/Profil

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons