Blog ini ditujukan kepada seluruh ummat Islam yang cinta kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Para Sahabat RA, Auliya', Habaib, Ulama', dan sejarah kebudayaan Islam.

Kamis, 08 Desember 2011

Syeikh Muhammad Al-Hasyimi

Syeikh Muhammad Al-Hasyimi dilahirkan dari kedua orangtua yang soleh, keduanya termasuk ahli bait Nabi s.a.w., nasabnya kembali pada Hasan bin Ali r.a,
 beliau dilahirkan pada hari sabtu 22 Syawal 1298 H di kota Sabtah sebuah kota di Tilmisan, yang merupakan kota termasyhur di Algeria. Ayahnya adalah salah seorang ulama dan hakim di kota tersebut. Ketika wafat ayahnya meninggalkan anak-anak yang masih kecil dan beliau adalah anak yang paling tua di antara mereka.
Selanjutnya untuk beberapa lama beliau tetap menyertai para ulama dan masuk dalam barisan mereka dengan tekun demi menambah ilmu. Kemudian beliau hijrah bersama gurunya Muhammad bin Yallas ke negri Syam melarikan diri dari kezaliman penjajah Perancis, yang melarang masyarakat Algeria untuk menghadiri halaqoh-halaqoh para ulama serta taujihat-taujihat mereka. Hijrah mereka tersebut pada tanggal 20 Ramadhan 1329 H melalui jalur Tonjah dan Marsilia, menuju ke negeri Syam. Kemudian menetap di Damsyik untuk beberapa hari, dan pada waktu itu pemerintah Turki berupaya memisahkan para pendatang Algeria dan beliau bernasib pergi ke negara Turki dan tinggal di Adhnah, sedangkan guru beliau Ibnu Yallas tetap tinggal di Damaskus. Dua tahun kemudian Syeikh Al Hasyimi kembali ke Damsyik; dan beliau bertemu kembali dengan gurunya Ibnu Yallas lalu menemani dan selalu menyertai beliau.
Di negeri Syria beliau terus menuntut ilmu dari para ulama besar, di antara yang paling terkenal adalah Ahli Hadis Besar, Syeikh Badaruddin Al-Hasani, Syeikh Amin Suwaid, Syeikh Ja’far Al-Kattani, Syeikh Najib Kiiwani, Syeikh Taufik Al-Ayyubi, Syeikh Mahmud Al-’Attar dari beliau syekh Al-Hasyimi mempelajari Usul Fiqh, dan Syeikh Muhammad bin Yusuf yang terkenal dengan sebutan Al-Kaafi dan darinya beliau belajar fiqih Maliki, dan para guru beliau telah mengijazahkannya ilmu-ilmu aqli dan naqli.
Adapun di bidang Tassawuf beliau diberikan izin oleh Syeikh Muhammad bin Yallas dengan wirid umum dikarenakan keunggulan beliau atas murid-murid lainnya dalam bidang ilmu dan pengetahuan serta karena keikhlasan dan pengabdiannya.
Setelah mursyid besar Syeikh Ahmad bin Mustofa Al-’Alawi datang dari Algeria untuk melaksanakan ibadah haji; beliau singgah di Damsyik setelah wafatnya Syeikh Muhammad bin Yallas dan mengijazahkan Syeikh Al-Hasyimi wirid khusus { Talqin Al-ism Al-A’dhom dan Al-Irsyad Al-’Am }.
Akhlak dan Perilaku
Syeikh Al-Hasyimi adalah seorang yang berakhlak seperti akhlak Nabi SAW, di mana beliau mengikutinya dalam seluruh ungkapan, perangai, akhlak, dan perbuatannya, dan beliau juga telah mendapat warisan sempurna dari Rasul SAW. Beliau adalah seorang yang rendah hati sehingga beliau terkenal dengan ketawadhuan tersebut, bahkan pada zamannya tak ada seorang pun yang menyamai ketawadhuan hatinya.
Beliau memperlakukan orang seperti halnya beliau suka diperlakukan demikian. Pernah seorang lelaki menemui dan mencium tangan almarhum syekh, kemudian syekh ingin mencium tangan lelaki tersebut, tapi lelaki itu menghindar dan berkata: “Astaghfirullah, tuan saya tidak berhak diperlakukan seperti ini, justru saya yang harus mencium kaki tuan. Lalu almarhum syekh berkata: Jika anda mencium kaki kami, kami akan mencium kaki anda. Dan beliau adalah orang yang senang melayani sendiri kawan-kawannya. Sehingga ketika ada yang berziarah atau murid yang menginap, beliau menghidangkan sendiri makanan dan membawaka kasur padahal beliau dalam kondisi yang lemah.
Seringkali kami mengunjunginya pada tengah malam, dan kami mengetuk pintu rumahnya, kemudian beliau membukakan pintu tersebut dan pada saat itu beliau mengenakan pakaian yang selalu beliau pakai disaat menemui khalayak ramai, seperti seorang prajurit yang selalu siap siaga. Sama sekali kami tidak pernah melihatnya mengenakan pakaian tidur. Beliau adalah seorang yang sabar dan murah hati, tidak marah kecuali karena Allah. Pernah terjadi seorang lelaki dari Damaskus datang ke rumah beliau lalu menyerangnya serta mengejek dan mengolok-oloknya dan mengeluarkan kata-kata yang membuat kulit seorang muslim merinding, akan tetapi syekh r.a hanya berkata kepadanya: Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan, sesungguhnya anda telah menampakkan aib-aib kami, kami akan meninggalkannya dan berusaha untuk berakhlak baik, tak lama kemudian lelaki tersebut menghampiri syekh dan mencium kaki dan tangannya dan meminta maaf kepadanya.
Beliau adalah seorang dermawan yang tidak pernah menolak orang yang meminta kepadanya. Seringkali kami melihat orang-orang mendatanginya dan beliaupun memberikan dan menghormati mereka. Terlebih lagi pada musim-musim kebaikan; dimana orang-orang mendatangi rumah beliau, dan terlihat meja-meja makanan penuh dengan hidangan yang disantap oleh banyak orang, bahkan senyumnya selalu menghiasi wajahnya, sehingga saking pemurahnya beliau membangun rumahnya yang di kawasan Hay Al-Muhajirin di Damaskus dan membaginya menjadi dua: sebagian untuk keluarganya dan sebagian untuk para muridnya.
Diantara sifat r.a adalah lapang dada dan tahan terhadap segala kesusahan dan kesulitan, sangat penyabar disertai wajah yang selalu ceria dan berseri-seri, Sampai-sampai suatu ketika saya tercengang dengan kesabaran beliau, beliau berkata kepada saya: “Wahai tuan! Adab kami adalah keindahan kami. suatu ketika datang kepadanya seseorang yang telah berbuat maksiat dan orang itu tidak melihat kecuali wajah yang berseri dan kelapangan dadanya. Berapa banyak orang-orang yang berbuat maksiat dan menyimpang bertaubat ditangannya dan berkat bersuhbah pada beliau mereka menjadi mu’minin yang mengenal Allah.
Pernah terjadi ketika beliau berjalan di tengah jalan seusai menyampaikan pelajaran, maka lewatlah seorang pemabuk di hadapan beliau; dan syekh tidak berbuat apa-apa kecuali membersihkan debu-debu kemaksiatan dari wajahnya, kemudian mendoakan dan menasehatinya, dan keesokan harinya pemabuk tersebut adalah orang yang pertama datang pada pelajaran syekh, dan setelah itu ia benar-benar bertaubat dengan baik.
Almarhum sangat peduli terhadap keadaan orang-orang muslim dan ikut merasakan musibah yang telah menimpa mereka. Beliau menghadiri perkumpulan ulama yang berada di al Jami’ al Umawi, membahas tentang perkara-perkara umat islam dan mewanti-wanti akan perpecahan di antara mereka. Dan beliau telah mencetak sebuah tulisan yang menerangkan tentang sebab perpecahan dan bahayanya, dan faedah bersatu atas nama Allah serta berpegang teguh dengan tali Allah, tulisan itu berjudul :
Al-qoul Al-fashl AL-qowim fi Bayan Al-Murod min Wasiat Al-Hakim
Almarhum adalah seorang yang sangat membenci penjajahan dengan segala bentuknya, mencari sejauh mana hubungan antara kejadian-kejadian yang ada dengan penjajahan serta bagaimana jalan keluarnya. Ketika pemerintah menganjurkan masyarakat untuk berlatih perang dan membentuk perlawanan rakyat, beliau segera mendaftar namanya dalam gerakan perlawanan tersebut, maka beliau pun berlatih menggunakan segala jenis senjata meski dalam kondisi badan yang lemah dan kurus serta usia yang sudah lanjut. Dengan demikian beliau telah memberikan contoh yang ideal bagi kekuatan iman, akidah dan jihad di jalan Allah, beliau mengingatkan kita akan orang-orang terdahulu dari para mursyidin sempurna yang melawan dan memerangi kolonialisme; semisal Umar Al-Mukhtar, Al-Sanusi dan Abdul Qodir Al-Jazairi. Dan tidak ada seorang mujahid pun di Maroko yang berupaya mengusir kolonialisme serta antek-anteknya kecuali orang-orang sufi.
Almarhum adalah seorang yang berperangai dan berperilaku baik, yang menjadikan orang-orang berdatangan kepadanya dan mengambil tasawwuf hakiki darinya, bahkan dikatakan: Al Hasyimi tidak terkenal dengan ilmunya walaupun beliau adalah seorang yang alim, dan juga tidak terkenal karena karomahnya walaupun beliau mempunyai banyak karomah, akan tetapi beliau terkenal karena akhlak dan kerendahan hatinya, serta ma’rifatnya kepada Allah.
Jika anda berada di dalam majlis beliau maka anda akan merasakan seakan-akan anda berada dalam sebuah taman surga; karena majlis beliau tidak tercampur oleh kekeruhan dan kemungkaran. Dan almarhum tidak menyukai jika ada orang muslim disebut dan direndahkan di hadapannya. beliau juga tidak menyukai jika di dalam majlisnya disebut orang-orang fasik dan semisalnya, beliau berkata: jika menyebut orang-orang sholeh maka rahmat akan turun.
Beliau tetap tekun serta komitmen dalam berjuang untuk mengarahkan orang-orang islam dan mengeluarkan mereka dari kesesatan dan penyelewengan. Hal ini terlihat dari halaqoh-halaqoh ilmu beliau yang berkesinambungan dari pagi sampe sore, terlebih lagi ilmu tauhid yang merupakan pokok-pokok dasar agama dimana beliau menjelaskan akidah-akidah yang membelot dan atheisme serta menerangkan akidah ahli sunnah wal jama’ah dan kembali kepada Allah SWT serta bergantung hanya kepada-Nya.
Aktifitas beliau dalam dakwah dan bimbingan
Sungguh rumah beliau adalah kiblat bagi para ulama, pelajar dan pendatang, beliau sama sekali tidak pernah bosan menemui mereka, meski dalam kondisi tubuh yang lemah, beliau tetap mengadakan halaqoh-halaqoh ilmu dan zikir secara rutin di masjid-masjid dan rumah-rumah, dan berkeliling ke masjid-masjid di Damaskus, mengumpulkan orang-orang untuk belajar, zikir dan bersolawat kepada Rasulullah SAW. Dan beliau tetap konsisten dalam semangat, aktifitas dan dakwahnya sampai akhir hayatnya.
Banyak dari para ulama dan pelajar pilihan dan handal yang belajar kepada beliau, dan dari berbagai lapisan masyarakat banyak pula yang mendapat petunjuk berkat bimbingan beliau, mereka menimba ilmu-ilmu beliau, mengutip keimanan dan ma’rifat-ma’rifat dzauqiyah beliau, dan kembali kepada beliau dalam segala urusan mereka.
Beliau telah mengizinkan banyak dari para murid untuk berdakwah dan memberikan bimbingan, maka mulailah kekuatan spritual terbesar ini menyebar luas di Damaskus, Halab dan di berbagai kota-kota Syria dan negara-negara Islam lainnya.
Karya Tulis beliau
1. Miftahul Jannah Syarah Aqidah Ahlis Sunnah
2. Ar-Risalah Al-Mausumah bi aqidah ahlis sunnuh Wal
3. Al-Bahsu Al-Jami’ wa Al-Baqru Al-Lami’ wa Al-Ghaisu Al-Hami’
4. Ar-Risalah Al-Mausumah bi sabil As-Sa’adah
5. Ad-Durrah Al-Bahiyyah
6. Al-Hil As-Sadid
7. Dan banyak lagi.
Banyak para ulama dan kalangan lainnya yang hampir tidak diketahui jumlahnya mengambil tasawwuf dari Syeikh Al-Hasyimi.
Demikianlah Syeikh Al-Hasyimi telah menghabiskan hidupnya untuk berjuang dan mengajar, mentarbiyah jiwa-jiwa, dan mensucikan hati-hati yang ingin mengenal Tuhannya, tanpa malas dan mengenal lelah. Keistiqomahan beliau dalam menjalankan syariat Rasulullah SAW, baik itu ungkapan, perbuatan dan perilaku serta wasiat Rasul di akhir hayatnya yang mengatakan: “Kalian harus berpegang kepada Al-Qur’an dan sunnah”, hal ini menjadi saksi atas kesempurnaan warisan beliau dari Rasulullah SAW.
Akhirnya beliau pun berpulang ke ridhwanullah pada hari Selasa, 12 Rejab 1381 H, bertepatan dengan 19 Disember 1961 M, dan beliau disolatkan di masjid Al-Umawi, kemudian jenazah beliau diantar ke pemakaman Dahdah, dan di sanalah beliau disemayamkan, yang mana tempat tersebut sampai sekarang terkenal dan sering diziarahi banyak orang.
Sungguh, walaupun jasad suci beliau tertutup oleh kubur, namun ilmu, keistimewaan, kebajikan dan apa-apa yang telah belaiu berikan kepada orang berupa kebaikan tidak pernah tertutup, maka hendaklah orang-orang melakukan seperti yang telah beliau lakukan.
Inilah sebahagian dari catatan perjalanan mulia beliau, dan apa yang kami sampaikan hanyalah sedikit dari limpahan, setitik dari lautan, sebab prilaku para ‘arifin tersimpan dalam murid-murid mereka, dan bagaimanakah orang bisa mengetahui apa yang disembunyikan oleh dada dan hati mereka? Dan pada orang seperti beliaulah dikatakan: “Jika kamu bertanya dimana kuburan orang-orang agung, maka ada dalam mulut-mulut atau dalam jiwa-jiwa”.
Maka figur seperti inilah yang harus kita contoh dan kita tiru: “Maka tirulah mereka, jika kalian tidak bisa menjadi seperti mereka, sebab meniru orang-orang mulia adalah sebuah kemenangan”, bahkan dikatakan: “Kematian seorang yang bertakwa adalah kehidupan yang tak terputus, telah banyak orang yang mati, tapi mereka masih hidup dalam jiwa manusia”.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons