Blog ini ditujukan kepada seluruh ummat Islam yang cinta kepada Allah SWT, Nabi Muhammad SAW, Para Sahabat RA, Auliya', Habaib, Ulama', dan sejarah kebudayaan Islam.

Senin, 25 Juli 2011

AL HABIB AHMAD BIN HUSEIN ASSEGAF


Al Habib Ahmad Assegaf lahir di Bangil pada tahun 1955 .Di masa kecilnya beliau didik ilmu agama dengan ketat oleh ayahanda beliau, Al Habib Husein bin Abu Bakar Assegaf yang dikenal sebagai tokoh habaib yang ahli fiqih.
Kakek beliau,Al habib Abu Bakar Bin Husein Assegaf adalah seorang waliyullah yang telah mengabdikan hidupnya untuk membantu para fakir miskin dan orang orang yang membutuhkan bantuan. Habib Abu Bakar Bin Husein Assegaf adalah murid dari Al Qutb Al Habib Abu Bakar Bin Muhammad Assegaf Gersik.
Abuya Habib Ahmad Assegaf pernah nyantri kepada Habib Muhammad Bin Husein Ba'bud di ponpes Darun Nasyi'in Lawang selama kurang lebih tiga tahun.beliau juga pernah berguru kepada Habib Hasan Baharun di Bendowoso selama tiga tahun .Dan pada masa masa itulah beliau sering berkunjung danmendapat doa dari Alhabib Sholeh bin Muhsin Alhamid Tanggul .
Selepas nyantri di Bendowoso Abuya Habib Ahmad Assegaf nyantri ke Makkah, berguru kepada AsSayyid Muhammad Bin Alawi Al-maliki selama enam tahun.Dibawah didikan ulama pakar hadist inilah Abuya Habib Ahmad Assegaf banyak mengambil ilmu dan berkhidmah .
Selain itu beliau juga belajar kepada Alhabib Salim bin Umar Assegaf. Syekh Abdullah Bin Said Al-Lahji, Syekh Abdullah Dardum {sibawai makkah}. Selain menimba ilmu Abuya Habib Ahmad Assegaf juga banyak mengambil ijazah dan sanad dari beberapa ulama besar Makkah kala itu Seperti Syekh Hasan bin Muhammad al massyath, syekh Muhammad Nur Saif,Alhabib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf ,Alhabib Ahmad Masyhur Bin Thaha Alhaddad.
Sepulang dari Makkah beliau tetap menuntut ilmu diantaranya kepada Alhabib Umar Ba'aqil Balawerti Surabaya yang terkenal Ahli fikih Jawa Timur kala itu.
Bersama Habib Hasan Baharun, Abuya Habib Ahmad Assegaf ikut mendirikan Podok Pesantren Darul Lughah Wadda'wah . Abuya Habib Ahmad Assegaf telah mengabdikan dirinya di pondok tersebut selama kuarang lebih 25 tahun .sepeninggal Habib Hasan Baharun Abuya Habib Ahmad Assegaf mendirikan pndok pesantren yang beliau namakan Darul ihya' liulumiddin .yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal 1422 H /4 Juni 2001 M.
Kiprah Abuya Habib Ahmad Assegaf dikenal masyarakat Bangil sangat konsisten dalam mengkonter aliran aliran sesat yang bertentangan dengan ajaran Ahlussunnah Waljamaah dan ajaran salaf, teutama aliran syiah.dan sekarang beliau hanya mengajar dan mendidik murid di pondok dan memimpin majlis dars pembacaan kitab ihya' ulumiddin setiap harinya meneruskan tradisi para salaf, ayah dan kakek beliau

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons